Headlines News :

Ciri-ciri Makanan Mengandung Formalin

Melihat makanan dalam jumlah banyak pada saat hari-hari besar seperti hari raya tentu bukan sebuah pemandangan yang baru. Melihat jumlah makanan yang sangat banyak tersebut maka kita jadi berpikir, sayang ya kalau makanan yang demikian enaknya dibuang dengan percuma. Jika terjadi demikian maka orang jadi berpikir bagaimana caranya agar makanan tersebut menjadi awet dan bisa tahan lama sehingga tidak dibuang ke tong sampah. Jalan keluar paling singkat adalah mencampur makanan yang ada dengan bahan/zat yang bisa membuat makanan menjadi awet dan tidak mudah rusak. Bahan-bahan tersebut kita kenal dengan bahan pengawet makanan.

Di pasaran akan banyak ditemukan bahan pengawet yang beredar dan dijual agak bebas. Bahan pengawet tersebut ada bahan yang alami dan bahan sentetis atau buatan. Tentu saja bahan yang alami akan lebih aman untuk dicampurkan ke dalam makanan. Biasanya yang digunakan adalah gula atau garam.

Sedangkan bahan sentetis atau hasil buatan manusia banyak macamnya seperti asam sorbat maupun natrium benzoat. Kedua bahan tersebut terbuat dari bahan kimia. Bahan pengawet yang terbuat dari bahan - bahan kimia boleh dipergunakan artinya dicampurkan ke dalam makanan tapi dengan ukuran tertentu. Kadar tertentu tersebut harus disesuaikan dengan ijin oleh Kementerian Kesehatan atau BPOM. BPOM singkatan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan.

Ada pula bahan pengawet yang dilarang untuk dipergunakan ke dalam makanan kita seperti formalin. Dalam beberapa tahun terakhir sering bahan formalin dipakai untuk mengawetkan makanan seperti mi basah, iklan, daging ayam dan tahu. Sebenarnya Formalin adalah bahan kimia yang penggunaannya hanya boleh untuk keperluan di luar tubuh. Artinya apa ? Formalin dilarang masuk ke dalam tubuh manusia karena dapat sangat merusak organ-organ tubuh yang ada.

Sebenarnya zat formalin biasa digunakan untuk mengawetkan mayat dan organ-organ makhluk hidup, sebagai pembasmi hama, disinfektan dalam industri plastik dan busa serta untuk sterilisasi ruangan. Pedagang-pedagang yang nakal dengan sengaja memilih formalin karena harganya yang lebih murah bila dibandingkan dengan pengawet makanan yang diizinkan seperti natrium benzoat dan asam sorban. Di samping harga murah, bahan formalin juga lebih irit. Formalin mudah digunakan karena berbentuk larutan juga lebih mudah didapatkan di toko-toko kimia.

Tapi segudang bahaya mengintai setiap konsumen di balik kemudahan dan harga formalin yang murah. Murah tapi berbahaya bagi kelangsungan hidup pemakainya. Anda pilih murah bahaya atau pilih mahal tapi aman? Pilihan tentu di tangan anda.

Bahan formalin mempunyai efek toksik yang sangat tinggi dan bersifat karsinogenik. Efek tersebut akan membuat subur pertumbuhan sel-sel kanker. Bahan formalin di dalamnya terkandung 37% formaldehid dalam air. Bila dipakai untuk mengawetkan, lalu ditambahkan metanol hingga 15%. Jika bahan-bahan ini masuk ke dalam tubuh manusia maka akibatnya bisa fatal. Pemakai di ambang berbagai penyakit akut maupun kronis akan menghampiri tubuhnya.


Apa Ciri Makanan yang telah Dicampur formalin ?

Agak kesulitan bagi orang awam mengetahui seberapa besar kadar formalin yang ada dalam suatu makanan. Mengingat bahaya yang ditimbulkan sangat besar maka perlu kiranya anda ( termasuk saya dong ) mengetahui ciri-ciri makanan yang di dalamnya terkandung bahan formalin.

Untuk mengetes ada tidak kandungan formalin dalam suatu makanan anda bisa menggunakan kertas indikator pada air rendaman makanan. Anda bisa memperoleh kertas indikator di toko obat atau apotik. Caranya rendam makanan di air. Lalu masukkan atau celupkan kertas indikator ke dalam rendaman makanan tadi. Jika kertas indikator berubah warna setelah dicelupkan maka dapat dipastikan makanan tersebut mengandung bahan formalin.

Jika tidak sempat menguji bagaimana ? Sedang di depan anda terdapat makanan yang membuat anda ragu apakah berformalin atau tidak ? Jangan khawatir. Saya akan menjelaskannya untuk anda apa saja ciri-ciri makanan yang telah dicampur formalin.

Khusus Ikan

Ikan yang mengandung formalin dagingnya kenyal dan Warnanya putih bersih. Insang tidak berwarna merah segar tapi warna merah tua. Dalam suhu 25° bisa ikan berformalin bisa tahan hingga beberapa hari. Untuk uji sederhana, coba berikan ikan yang baru saja Anda beli pada seekor kucing ( musuh bebuyutan ikan tuh ). Jika kucing tidak mau memakan ikan tersebut malahan pergi menjauh, berarti itu tandanya ikan yang Anda beli di dalamnya terkandung bahan formalin atau bahan-bahan kimia lainnya. Juga ikan tidak berbau amis khas ikan tetapi bau menyengat khas formalin

Khusus Ayam potong

Ayam potong yang berformalin warnanya putih bersih. Dalam suhu kamar bisa daging ayam bisa awet dan tahan hingga beberapa hari

Khusus Tahu

Tahu yang di dalamnya terkandung formalin mempunyai bentuk yang bagus dan sangat kenyal. Tekstur sangat halus dan tidak mudah hancur. Dalam suhu 25° bisa tahan sampai 3 hari dan di dalam lemari pendingin bisa tahan hingga 2 minggu. Tahu berbau cukup menyengat dan aroma khas kedelai sudah tidak begitu terasa lagi.

Khusus Mie basah

Mie basah yang berformalin baunya sedikit menyengat. Dalam suhu ±25° atau suhu kamar mie basah bisa tahan hingga 2 hari. Lain lagi jika menyimpan mie basah berformalin di dalam pendingan (misalnya pada suhu 10°) ia bisa awet hingga lebih dari 15 hari. Mie berformalin kelihatan mengkilap seperti dilumuri minyak, sangat kenyal ( tidak mudah putus ) dan tidak lengket dan sangat kenyal.

Ada banyak jenis makanan yang biasa ditambah bahan formalin tapi insya Allah ciri-ciri cukup mewakili untuk digunakan sebagai pedoman untuk menguji apakah makanan berformalin atau tidak. Semoga informasi kesehatan kali ini tentang Ciri-ciri Makanan Mengandung Formalin akan memberikan manfaat untuk anda dan seluruh keluarga. Amien.

sumber  Rating: 4.5
»»  Readmore...

Beberapa Makanan Yang Sehat untuk Jantung

Info kesehatan kali ini berkaitan dengan beberapa makanan yang berguna untuk kesehatan jantung kita. Apakah anda sudah tahu bahwa penyakit jantung yang berbahaya adalah penyakit jantung koroner? Kenapa penyakit jantung koroner bisa terjadi ? Penyakit jantung koroner terjadi sebab adanya penyumbatan sehingga membuat pembuluh darah yang memberi makanan dan mengaliri darah ke dinding jantung menjadi kecil. Hal ini berakibat jantung jadi kekurangan makan dan oksigen.

Saat ini di negara-negara industri penyakit jantung koroner menjadi sebab utama kematian seseorang. Penyebab utama penyakit jantung koroner adalah tekanan darah, kadar kolesterol yang tinggi, tingkat stress dan kebiasaan makan yang tidak sehat. Tidak hanya berolah raga saja untuk membuat jantung kita sehat. Tapi pola makan harus juga diperhatikan.

Jika anda ingin memiliki jantung yang sehat ada baiknya mengetahui beberapa makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Saya ingin berbagi dengan anda beberapa makanan yang baik untuk jantung, semoga manfaat untuk anda dan juga saya tentunya.

1. Gandum murni. Gandum di dalamnya terkandung zat besi, vitamin E, magnesium, antioksidan dan serat alami. Kandungan pada Gandum Murni adalah sangat bagi kesehatan jantung.

2. Sayuran berdaun. Seperti selada, pok, choy, Bayam, lobak, dan fenugreek. Beberapa sayuran tersebut adalah contoh jenis sayuran yang dapat meminimalisir terjadinya penyakit jantung dan kanker. Karena sayuran tersebut minim lemak, kalori dan memiliki serat yang tingggi. Di samping itu sayuran mengandung kalium, mineral, kalsium, magnesium dan asam folat untuk mengoptimalkan fungsi jantung. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi satu porsi sayuran bisa menurunkan hingga 11% resiko penyakit jantung.

3. Protein kedelai. Kedelai adalah merupakan makanan pengganti yang baik untuk daging merah yang tinggi lemak. Kedelai mampu meningkatkan daya tahan tubuh dari kolesterol jahat dan lemak jenuh pada jantung.

4. Oat. Oat adalah bagian dari menu pilihan sehat yang baik pada waktu pagi hari. Fungsi Makanan ini tidak hanya menjadikan perut kenyang dan berenergi, akan tetapi juga menjadi makanan sehat untuk jantung. Oat mengandung beta glucan. Beta glucan adalah serat yang mudah larut dalam tubuh dan bisa membantu menurunkan kolesterol terutama LDL dalam tubuh.

5. Cokelat. Kreteria Cokelat yang baik adalah cokelat yang minim lemak dan tinggi cocoa. Cokelat hitam/dark chocolate adalah merupakan jenis cokelat yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Makan sekitar 150 kalori cokelat yang mengandung 60 persen kandungan cocoa bisa menjadi salah satu diet sehat untuk para penderita penyakit jantung.

6. Almond. Di dalam almond terkandung vitamin E, B17 dan mengandung mineral seperti zat besi dan  magnesium. Almond juga merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik dalam tubuh.

7. Minyak zaitun. Jika secara rutin kita mengkonsumsi minyak zaitun maka ia dapat menurunkan ion LDL dalam tubuh. Minyak zaitun adalah merupakan salah satu minyak yang baik untuk kesehatan jantung. Minyak zaitun jenis Extra Virgin lebih banyak mangandung polifenol bila dibandingkan jenis lainnya.

8. Anggur merah. Anggur merah mengandung antioksidan yang disebut dengan resvaratrol. Makan Anggur merah dalam jumlah yang wajar ( tidak berlebihan ) bisa berdampak baik untuk kesehatan jantung. Selain itu pada anggur merah juga terkandung flavonoid.


9. Apel. Hendaknya makan sebuah apel dalam setiap hari. Hal ini dapat membantu untuk mencegah terjadinya pembekuan darah.

10. Tomat. Sumber vitamin pada tomat memiliki fungsi untuk membersihkan darah. Vitamin yang terkandung pada tomat adalah vitamin K. Vitamin dalam tomat bermanfaat untuk mencegah pendarahan. Tomat lebih baik dikonsumsi dalam keadaan masih segar.


Sekian saja artikel info sehat tentang Makanan Yang Sehat untuk Jantung kita. Jantung adalah bagian terpenting dari organ tubuh manusia. Maka kita harus merawat jantung dengan baik agar senantiasa sehat sehingga bisa melancarkan berbagai aktivitas yang kita lakukan.

Sumber  Rating: 4.5
»»  Readmore...

Makanan Yang Berbahaya Bagi Ginjal

Jika kita memiliki sebuah sepatu, untuk menjaga supaya sepatu tersebut tetap baik dan bersih, tentunya kita harus merawatnya dengan baik, dicuci setiap sekian hari sekali. Dan sebaliknya, selain sering dicuci, juga tentunya harus dijaga supaya tidak menginjak berbagai jalan yang kotor.

Demikian juga untuk menjaga ginjal, selain perlu untuk merawatnya dengan memberikan berbagai asupan yang bermanfaat, juga perlu dijaga dari berbagai makanan yang dapat merusak fungsi organ penting tersebut. Dijaga dalam artian mengurangi, bukan dalam artian tidak boleh sama sekali.

Nah, pada artikel sebelumnya kita telah berbicara tentang beberapa makanan yang bermanfaat untuk ginjal. Karenanya, di kesempatan itu kali ini kita akan membahas kebalikan dari artikel tersebut, yaitu tentang berbagai makanan yang berbahaya bagi ginjal, yang perlu kita hindari.

Makanan apa saja yang berbahaya bagi ginjal dan perlu dikurangi? Berikut beberapa di antaranya :

Makanan Dengan Kandungan Potassium Tinggi

Salah satu makanan yang perlu untuk dihindari supaya ginjal kita menjadi sehat adalah berbagai makanan yang mengandung potassium dalam jumlah tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan potassium yang tinggi akan membuat ginjal bekerja keras dan menjadi lebih cepat rusak. Jika ginjal telah rusak, potassium tidak akan dapat tersaring lagi dan membuat penderita terserang hiperkalemia.

Beberapa makanan tinggi potassium yang perlu dihindari di antaranya seperti paprika dan cabai merah, alpukat, coklat, aprikot kering, dan sayuran kering.

Makanan Dengan Kandungan Protein Hewani

Makanan yang berbasis protein hewani mengandung purine dalam jumlah yang tinggi, yang selanjutnya di dalam ginjal akan berubah menjadi asam urat, dan pada akhirnya akan dapat menjadi sebuah batu ginjal, dan juga merusak sendi karena mengkristal.

Karenanya, seperti disarankan oleh The American Association of Kidney Patients, jangan terlalu banyak memakan protein hewani. Sebagai gantinya, makan berbagai jenis tumbuhan yang dapat menyuplai protein seperti kedelai, atau gandum utuh.

Makanan Dengan Kandungan Asam Oksalat Tinggi

Makanan selanjutnya yang perlu untuk dihindari supaya kesehatan ginjal tetap terjaga dengan baik adalah makanan yang memiliki kandungan asam oksalat tinggi. National Kidney Foundation menyarankan melakukan tips yang satu ini untuk menjaga kesehatan ginjal dan mencegah berkembangnya batu ginjal di dalam tubuh.

Beberapa makanan yang mengandung asam oksalat tinggi dan harus dibatasi asupannya antara lain kopi, the, buat bit, berbagai jenis berry, kacang, ubi, dan coklat.

Makanan Dengan Kandungan Fosfor Yang Tinggi

Salah satu jenis makanan yang berbahaya lainnya adalah makanan dengan kandungan fosfor yang tinggi. Kenapa demikian? Jawabnya karena dapat mengganggu keseimbangan level elektrolit di dalam tubuh yang berimbas kepada tidak stabilnya level elektrolit di dalam tubuh.Demikian yang dijelaskan oleh American Association of Kidney Patients.

Karenanya, kurangilah konsumsi berbagai makanan dengan kandungan fosfor yang tinggi, seperti yogurt, susu, keju dari kedelai, dan yogurt dari kedelai. Kurangi juga konsumsi coklat, dan berbagai minuman ringan yang berkarbonasi.

Makanan Yang Diawetkan dan Dibekukan

Salah satu penyebab penyakit pada ginjal adalah tingginya tekanan darah pada seseorang. Dan tekanan darah yang tinggi biasanya disebabkan oleh tingginya kandungan sodium di dalam darah seseorang, seperti dijelaskan oleh National Kidney and Urologic Diseases Information Clearinghouse (NKUDIC).Karenanya, untuk menjaga kesehatan ginjal kita perlu untuk mengurangi jumlah asupan sodium yang masuk ke dalam tubuh.

Salah satu sumber sodium yang banyak kita konsumsi sehari-hari adalah berbagai makanan yang telah dibekukan dan diawetkan (dikalengkan), seperti sup kaleng, keripik kentang, fast food / junk food, makanan beku, hot dog, garam, kecap, daging olahan, dan sebagainya.

Penutup dan Kesimpulan

Demikian beberapa jenis makanan yang sebaiknya perlu untuk dihindari jika kita ingin terhindari dari penyakit ginjal, dan terlebih lagi oleh mereka yang sudah terlanjur mengidap penyakit ginjal.Semoga menjadi tambahan ilmu yang bermanfaat dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

sumber Rating: 4.5
»»  Readmore...

5 Cara Makan Yang Berujung pada Kematian

Memang, semua orang tahu bahwa hidup butuh makan. Karena di antara ciri-ciri makhluk hidup apa saja-baik manusia, hewan dan tumbuhan-adalah makan. Manusia adalah makhluk hidup. Maka ia butuh makan agar mereka bisa hidup. Logikanya adalah tidak makan maka manusia tidak bisa hidup.

Tapi tahukah anda bahwa manusia makan tidak boleh hanya sekedar makan. Makan juga harus memperhatikan apakah yang dimakan baik untuk kelangsungan hidupnya atau malah sebaliknya yaitu mengancam hidupnya, berujung kematian. Dalam era yang serba ada ini kita dihadapkan dengan berbagai jenis makanan yang justru membuat hidup kita terancam.

Apa contohnya ?

Misalnya penggunaan pewarna tekstil yang ada dalam makanan. Ada juga pengawet mayat yang ada dalam ikan yang kita konsumsi. Serta juga penguat rasa. Zat-zat di atas bukan membuat kelangsungan hidup manusia menjadi baik. Malah sebaliknya makanan tersebut akan menyebabkan tumbuh suburnya sel-sel kanker dalam tubuh. Dan kita tahu bahwa jenis-jenis zat di atas dijual dengan laris di sekitar kita. Parahnya Kondisi ini disertai dengan kebiasaan kita menjalani budaya makan yang tidak sehat.

Lalu apa saja budaya makan yang akan membuat kita tidak sehat, bahkan bisa terancam kematian?  Baiklah, akan kami jelaskan 5 dari sekian banyak cara makan yang dapat mendatangkan malapetaka. Semoga bisa dijadikan pelajaran.


Makan Yang Penting Kenyang atau Yang Penting Enak


Budaya makan seperti ini terjadi pada dua level masyarakat. Yaitu budaya masyarakat kelas menengah ke bawah dan masyarakat kelas menengah ke atas. Prinsip “yang penting kenyang” ini adalah prinsip milik masyarakat menengah ke bawah karena keterbatasan ekonomi. Bagi mereka Makan yang penting kenyang tanpa peduli gizi maupun rasa makanan. Hal ini berakibat tubuh tidak mendapatkan asupan gizi yang memadai. Pertumbuhan otak terganggu. Maka semakin banyak bayi dengan gizi buruk yang berujung pada kematian balita.


Sedangkan budaya makan bagi level menengah ke atas, mereka punya prinsip “yang penting enak”. Ini masih menjadi tolok ukur dalam memuaskan kebutuhan makan mereka. Kenapa demikian ? Karena level ini didukung oleh  kemampuan ekonomi yang cukup. Mau m akan apa saja dengan harga seperti apapun mereka bisa beli. Mereka selalu memanjakan lidah dengan berbagai makanan lezat tanpa mempedulikan apakah makanan yang mereka beli sehat atau tidak makanan tersebut. Makanan berlemak dilengkapi dengan MSG dosis tinggi menjadikan mereka tidak sadar bahwa ancaman penyakit maut sedang mengintai. Pada kalangan masyarakat level ini kebanyakan menderita gangguan pada pembuluh darah, tekanan darah tinggi, kolesterol dan obesitas. Akhirnya biasanya berupa penyakit stroke, diabetes, jantung, bahkan kanker.


Melihat Makanan Dari Kemasan


Kalau kita membeli makanan maka biasanya yang kita lihat pertama kali adalah desain kemasan dan nama produk. Adanya desain kemasan dan nama produk membuat kita lupa. Padahal pandangan membeli makanan hanya melihat desain kemasan dan nama produk adalah merupakan hal yang keliru. Apa yang mestinya kita lihat ? Yang kita perhatikan mestinya adalah tanggal kadaluwarsa, komposisi (ingredients) dan daftar kandungan nutrisi.


Makan Tanpa Aturan


Manusia hidup tidak boleh lepas aturan. Demikian juga tubuhnya. Semuga organ tubuh harus bekerja sesuai dengan jam kerja yang telah ditentukan. Ada saatnya organ-organ bagian pencernaan bekerja dan ada juga saatnya organ-organ sekresi bekerja. Semua ada jadwal yang ditentukan dengan rapi. Jika jadwal tersebut dilanggar maka berbagai problem dalam tubuh akan terjadi.

Satu Contoh, pada jam 20-22 adalah saat metabolisme tubuh dan pergerakan usus berkurang. Pada jam-jam ini oran tidak banyak melakukan aktivitas sehingga tidak banyaklah kalori yang diperlukan oleh tubuh. Jika anda makan pada jam-jam seperti ini maka kalori yang ada dalam makanan tidak akan berubah jadi energi. Maka akhirnya akan tertimbun menjadi lemak. Maka kemudian tubuh akan menjadi gemuk. Timbunan lemak di mana-mana di seluruh tubuh termasuk jugaada di dalam pembuluh darah di sekitar jantung.

Ketika timbunan lemak menyumbat aliran darah, maka akibatnya alirah darah ke jantung menjadi terhambat. Kalau aliran darah ke jantung sudah tersendat, maka serangan jantung pun tinggal menunggu waktu.


Kurang Perhatian Terhadap Zat Aditif


Kalau membeli makanan tidak peduli terhadap zat pengawet, pewarna, penyedap dan zat-zat aditif yang lain. Hal ini terjadi khususnya pada anak-anak, walau kemungkinan bisa juga terjadi pada orang dewasa. Dalam hal makanan, anak memang suka dengan warna-warna yang mencolok. Tidak heran bila para pedagang jajanan di sekolah-sekolah berbuat curang dengan menambahkan zat pewarna untuk membuat dagangannya menarik bagi mata anak-anak. Masalahnya adalah zat pewarna yang dipakai untuk jajanan tersebut bukan pewarna yang diijinkan untuk makanan. Pewarna apa ? Ia adalah pewarna sintesis yang berbahaya, seperti pewarna kayu dan pewarna tekstil. Memang pewarna tekstil bisa membuat warna suatu barang akan lebih menarik. Tapi dibalik itu, pewarna ini sangat bersifat racun dan dapat memicu tumbuh suburnya sel-sel kanker.


Makan Lebih Penting Hobi Tanpa Peduli Gizi



Dalam Beberapa tahun terakhir dunia kuliner berkembang dengan sangat pesat. Coba saja lihat dan tonton acara-acara televisi. Banyak sekali paket wisata kuliner ditawarkan. Pehobi-pehobi makanan lezat pun bermunculan. Mereka dengan rela menempuh perjalanan dengan jarak yang jauh untuk mendapatkan makanan terlezat yang pernah ada. Maka Akhirnya muncul satu kebiasaan "makanan karena hobi dan bukan karena lapar". Maka tubuh akan selalu dijejali dengan berbagai jenis makanan yang sesuai dengan hobi meski sebenarnya tubuh tidak memerlukannya. Singkatnya, lapar nggak lapar, yang penting makan. Dan yang penting bisa memuaskan hobi.

Di samping makan karena hobi beresiko membebani lambung secara berlebihan, hobi seperti ini akan mendatangkan resiko berbagai penyakit berbahaya. Sebab makanan-makanan yang dikonsumsi tidak peduli sehat atau tidak. Maka akibatnya akan kembali seperti empat point di atas.

Kesimpulan Akhir

Makan adalah kebutuhan primer manusia. Tidak makan maka manusia bisa tidak sehat bahkan bisa tidak hidup. Jadi penting sekali kita memperhatikan 5 Cara Makan Yang Menyebabkan Kematian seperti yang telah dijelaskan di atas agar supaya tubuh tetap sehat, stabil dan bisa melakukan berbagai aktivitas dengan baik tanpa hambatan. Semoga manfaat.

sumber  Rating: 4.5
»»  Readmore...
 


PAKET IKLAN SUKA SUKA
Paket Iklan suka-suka di Asli Urang Alabio™
merupakan kesepakatan antara admin dan advertiser / pemasang iklan.
untuk harga mulai dari Rp10rb/bln,
tergantung pada ukuran dan penempatan iklan, silahkan Nego dengan Admin!!

Nb : Iklan di Asli Urang Alabio™ seperti adhitz.com, adsense dan lainnya yang berasal dari PPC akan admin hapus jika pemasang iklan menginginkan tempat itu buat dipasang iklannya


SYARAT DAN KETENTUAN

    Segala materi isi iklan sepenuhnya tanggung jawab pemasang.
Tidak boleh jika iklan baik gambar maupun situs rujukan termasuk kategori yang diharamkan oleh agama
    Iklan dalam bentuk banner/image di buat oleh pemasang.
    Iklan banner yang di buat oleh kami akan di kenakan biaya sukarela
    Bila link banner mati berturut-turut selama 2 minggu,
Asli Urang Alabio™ berhak menghapusnya.
    Harga sewaktu-waktu bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu,
kecuali bagi pihak yang iklannya sudah terpasang.
    Syarat dan ketentuan dapat berubah sewaktu-waktu.



BENTUK PEMBAYARAN:
Transaksi sangat mudah dan flexibel dapat dilakukan
berbagai cara di antaranya: Transfer Via Bank atau Pulsa
atau via PAYPAL


RESERVASI:

Semoga diantara kita bisa menjalin kerja sama
yang saling menguntungkan.